Aku Juga Ada di Sini

19 Oktober, 2014

Rahasia Lukisan

Rahasia Lukisan (Weird and Wicked Series, #2)Rahasia Lukisan by Djokolelono
My rating: 4 of 5 stars

Unsur ajaib dalam novel ini sama dengan ide cerpen saya dulu sekali: seorang anak masuk ke dalam lukisan. Mengetahui Pak Djoko menulis cerita semacam itu, saya penasaran bagaimana beliau menjelajahinya. Selain itu, buku ini tipis jadi mudah dibawa ke mana-mana untuk dibaca di jalan atau sambil menunggu sesuatu.

Alkisah Ryan adalah anak laki-laki dari seorang pelukis ternama, bahkan berpotensi untuk menjadi pelukis legendaris. Naas nasib buruk menimpa keluarganya sehingga ayah Ryan mogok melukis dan menutup galerinya. Banyak pihak menyayangkan keputusan ayah Ryan, bahkan ada orang yang bertindak nekat. Ryan menemukan ayahnya berlumuran darah di galeri, dan hanya lukisan-lukisan di sana yang menjadi saksi kejahatan pelaku.

Saya senang dengan narasi buku ini yang berjalan cepat, walau saya harap adegan pertama tidak sesederhana Ryan bangun tidur. Tapi posisi Ryan yang baru bangun tidur strategis untuk menceritakan keadaan rumah dan penghuninya. Kejadian demi kejadian memaksa Ryan untuk terus bereaksi dan beraksi.

Perihal "masuk ke dunia lukisan", ada peraturan-peraturan sederhana yang membuat petualangan Ryan semakin menantang. Hal yang paling saya sukai adalah ayah Ryan bisa salah juga memberikan "jiwa" kepada karakter lukisannya, entah akibat prasangka atau ketidaktahuan.

Saya menikmati deskripsi dan aksi dalam Rahasia Lukisan. Buku ini memberi saya sedikit wawasan tentang terbang layang, kehidupan pelukis, dan sebagainya. Ryan bertingkah sewajarnya anak-anak dan para orang dewasa berbicara sewajarnya orang dewasa.

Keganjilan yang saya temukan, yaitu jarangnya tokoh-tokoh cerita ini menggunakan gawai alias gadget terjawab ketika saya membaca catatan bahwa Rahasia Lukisan sesungguhnya ditulis pada 1971.

Kelemahan cerita ini adalah pelakunya mudah ditebak. Itu saya maklumi karena Rahasia Lukisan memang cerita untuk anak-anak, bukan dewasa.

Akhir kata, buku ini cukup seru untuk kita baca sendiri dan bisa menjadi hadiah yang menyenangkan bagi adik, anak, atau keponakan.

View all my reviews

1 komentar:

Tinggalkan Komentar di Sini :)