Aku Juga Ada di Sini

30 April, 2012

Tip di Negeri Oz

The Marvelous Land of OzThe Marvelous Land of Oz by L. Frank Baum
My rating: 3 of 5 stars


Penerjemah: Justine Tedjasukmana
Ilustrasi dan Penyunting: Ida Wajdi
ISBN: 978-979-024-494-8
Halaman: 234
Penerbit : Atria, Februari 2012
Harga: Rp 30.000,00

The Marvelous Land of Oz adalah sekuel novel anak-anak klasik, The Wonderful Wizard of Oz. Semula L. Frank Baum sang empu cerita tidak berniat menulis sekuelnya. Namun, surat keseribu dari penggemar datang dan beliau pun memenuhi permintaan mereka. Maka terbitlah The Marvelous Land of Oz kali pertama pada tahun 1904 dan versi terjemahan bahasa Indonesia-nya diterbitkan oleh Atria tahun ini.

Sama-sama berlatar di negeri khayalan bernama Oz, tokoh utama novel ini adalah anak laki-laki bernama Tip. Berbeda dengan Dorothy yang berasal dari dunia kita, Tip memang lahir dan dibesarkan di Oz. Karena diperlakukan dengan buruk oleh penyihir yang mengasuhnya, Tip melarikan diri bersama Jack si Labu yang telah disihir hidup. Dalam perjalanan ke Kota Zamrud, Tip menyihir kuda kayu untuk membantu mereka. Ketika Tip sampai di sana, Kota Zamrud dikudeta oleh kelompok gadis-gadis yang telah muak dengan kepemimpinan laki-laki, terutama Yang Mulia Raja Jerami. Karena terdesak, mereka melarikan diri dari Kota Zamrud. Bisakah Tip mengumpulkan bantuan agar Boneka Jerami kembali bertahta? Namun, apakah sesederhana itu permasalahannya?





peta negeri Oz dari sumber: http://www.loc.gov/loc/lcib/9909/litmap.html (Dick Martin)


Negeri Oz terbilang sederhana, tapi mengandung hal-hal yang menarik. Misalnya di Kota Zamrud, semua bangunan terbuat dari zamrud. Setiap negeri bagian dari Oz memang mempunyai warga khas sendiri, seperti warna kuning untuk negeri Winkies dan merah untuk Quadling. Makhluk-makhluk nonmanusia mempunyai cara tersendiri untuk menjaga tubuh mereka. Sihir mungkin terlalu “aman” di sini, tapi itu bisa dimaklumi karena sasaran pembacanya adalah anak-anak.

The Marvelous Land of Oz versi adaptasi manga
 http://dhutchison.deviantart.com/art/Land-of-Oz-the-Manga-78421120 (Dhutchison)
Teman-teman yang mendampingi Tip dalam perjalanannya pun tidak kalah menarik. Saya paling tetarik dengan reaksi Jack si Manusia Labu, Kuda Kayu, dan Gump si Rusa Alat Terbang ketika baru disihir menjadi hidup. Agak pilu memang membaca ungkapan-ungkapan kekhawatiran Jack tentang kepalanya yang akan membusuk dan keluhan Gump tentang badannya yang berantakan. Tapi interaksi mereka (juga dengan tokoh-tokoh lain) bisa membuat pembaca tersenyum-senyum sendiri. Walaupun tidak ada Dorothy, penggemar The Wonderful Wizard of Oz tidak akan kecewa karena tokoh-tokoh yang dulu mendampingi Dorothy hadir kembali di novel ini. Selain Boneka Jerami yang sudah disebutkan tadi, siapa saja lagikah itu? Silakan baca sendiri untuk mengetahui jawabannya ;)



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar di Sini :)