Aku Juga Ada di Sini

26 Agustus, 2013

Buku Baru: Mahamimpi Anak Negeri (Suyatna Pamungkas)


Beberapa hari belakangan ini saya melihat teman lama saya kembali aktif di linimasa Facebook setelah "menghilang" cukup lama. Suyatna Pamungkas pernah sekelas dengan saya saat mengenyam pendidikan S2 di program studi Linguistik, Universitas Indonesia. Mas Yatno, demikian kami akrab memanggilnya, adalah mahasiswa yang paling sibuk dengan pekerjaan dan hobinya: menulis. Jadi saya tak heran kala melihat Mas Yatno tiba-tiba muncul kembali bersama novelnya yang baru terbit: Mahamimpi Anak Negeri.

Saya baru saja membeli novel ini dengan diskon 20% (iya, diskonnya harus dipamerin :p ) di toko buku kesayangan saya: TMBookstore Depok. Saya belum sempat membacanya, jadi saya salinkan sampul belakangnya saja ya.


Judul: Mahamimpi Anak Negeri
Pengarang: Suyatna Pamungkas
Penerbit: Metamind, Juni 2013
Harga: Rp52.000,00
Tebal: 438 halaman


Elang, Tegar, Darwis, dan Waris diakrabi sebagai empat remaja tanggung berjuluk Empat Pawana. Berjalin kawan dalam tantangan kehidupan di sebuah pedalaman hutan pinus Banyumas. Di ujung-ujung langkah kecil Empat Pawana, segenap perubahan hendak mereka jadikan mahamimpi untuk Desa Bukit Bayur, desa tempat mereka memilin sayap harapan demi sebuah masa depan yang lebih teduh bagi kehidupan religi dan sosialnya.
Dalam kerapatan hutan pinus, kukuhnya tebing, liukan sungai, hijau permadani sawah, juga ayunan perkebunan tebu, mereka menyusupi langit-langit ilmu pengetahuan dan agama. Bergerak mengalun laksana angin yang menggiring noktah-noktah perubahan. Menipukan kilat-kilat semangat mrengkuhi pengalaman dan petualangan dengan tanguh. Drama elok Empat Pawana adalah drama kehidupan anak negeri yang bermuara pada ruh humanisme yang indah, yang menjelmakan deru-deru mahamimpi yang mengendap di negeri zirbad khatulistiwa.

Dengan kepedulian yang besar terhadap asek sosial dan agama serta bekal pengetahuan penulis yang luas, lahirlah Mahamimpi Anak Negeri. Novel bagus dan wajib dibaca!
- Ahmad Tohari, penulis Ronggeng Dukuh Paruk
Sebuah novel yang sangat indah. Mengangkat tema anak-anak miskin yang memiliki semangat tinggi dalam meraih cita-cita demi masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri, keluarga, dan kampung halamannya. Sangat menginspirasi!
- Pipit Senja, novelis dan anggota Majelis Penulis Forum Lingkar Pena 
Kita membutuhkan lebih banyak lagi novel-novel yang menggugah hati. Atau, dalam bahasa lainnya: memberikan inspirasi. Maka, novel ini akan menjadi salah satu pilihan yang sangat baik. Seamat membaca!
- Darwis Tere Liye, penulis Bidadari-Bidadari Surga


Bagi siapa saja yang merindukan novel inspiratif dengan tokoh dari desa kecil, Mahamimpi Anak Negeri akan memuaskan Anda. Bagi siapa lainnya yang sekadar ingin tenggelam dalam sebuah cerita, mari berkenalan dengan Elang dan kawan-kawan. Seusai membaca, yuk kita berbagi ulasannya di Goodreads.



1 komentar:

  1. Iseng googling, eh ketemu sama buku yang baru kubaca. Gak sengaja sih beli buku ini, liat sinopsis sama endorsmentnya kok bagus, dibeli....eh ternyata emang KERENNNNNNNNN. Penulisnya pinter banget merangkai kata, jelas...jelas..dan jelasss banget deskripsiin ceritanya. Akhirnya, bila kubandingin, novel ini sama kayak novel bestseller Laskar Pelangi (gak lebay! serius!)

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar di Sini :)