Aku Juga Ada di Sini

28 Desember, 2010

The Prophecy of the Gem

The Prophecy of the StonesThe Prophecy of the Stones by Flavia Bujor

My rating: 2 of 5 stars


Seorang gadis 14 tahun bernama Joa sedang sekarat. Ia dianggap tidak akan selamat karena sudah kehilangan orang tua dan tidak punya alasan untuk berjuang hidup. Dalam koma, ia memimpikan sebuah negeri khayalan. Di negeri khayalan itu, ada 3 gadis 14 tahun yang ditakdirkan untuk menyelamatkan negeri mereka dari Dewan Dua Belas dan kekuatan jahat Dewan Ke-13. Ketika dihadapkan dengan pilihan sulit, mereka memutuskan untuk mengorbankan diri demi kebaikan orang banyak. Akhirnya mereka semua selamat dan kejahatan lenyap meskipun tidak untuk selamanya. Dalam pertarungan hidup-matinya sendiri, Joa pun memutuskan untuk berjuang dan bangun dari komanya.

Novel ini mengandung nilai dan semangat universal yang memang cocok untuk dibaca oleh remaja. Tema dan garis besar ceritanya juga menarik bagi remaja yang menyukai kisah-kisah fantasi, terutama remaja putri.

Bagian cerita yang bagus hanya tentang Joa, dan itu cuma 7 halaman. Kisah utamanya, tentang gadis-gadis di negeri khayalan, mempunyai banyak kekurangan. Karakter mereka stereotipe, dan perkembangannya kurang terlihat. Kadang-kadang pengarang juga terlalu verbal ketika menjelaskan sifat-sifat mereka. Banyak adegan yang kurang halus dan tergesa-gesa, bahkan terlalu memaksakan kebetulan. Latar belakangnya sangat lemah, padahal biasanya novel fantasi menggunakan latar belakang yang memukau dan memikat pembaca.

Saya terlalu banyak berharap, dan akhirnya dikecewakan. Flavia Bujor menulis novel ini ketika berusia 13 tahun, dan inilah yang dulu menyebabkan novel ini sangat laris. Hal serupa pernah dialami beberapa judul pertama Teenlit yang ditulis oleh remaja.



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar di Sini :)